Wahana berbagi Ilmu

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH



Selamat datang di wahana ilmu. Dengan membaca fikiran akan terbuka, dengan ilmu kita jadi tahu, dengan mencari kita jadi mengerti.

Disinilah tempat kita berbagi........

Rabu, 22 Desember 2010

Hari Ibu dan Birrul Walidaini

22 Desember merupakan hari yang bermakna bagi para ibu, karena dihar inilah kita bangsa Indonesia merayakan hari ibu. Ada sebuah pertanyaan yang saya dengar dari anak usia 7 tahun ," Ma, apasih manfaat hari ibu? " pertanyaan yang sederhana namun memiliki makna yang dalam. Kita yag sudah dewasa dalam berfkir kadang tak pernah mau tahu apa makna dari sebuah peringatan, yang ada dalam kebiasaan kita hanya mengikuti aja setiap ada sebuah perayaan tanpa mau tahu apa makna dari sebuah peringatan.

Ibu manusia yang paling sempurna diantara wanita yang ada, gelar yang paling terhormat dari prestasi yang ada, kedudukan seorang ibi sangat dihargai dalam islam. Rasulullah pernah ditanya oleh sahabatnya,"siapakah orang yang harus saya hormati?" Ibumu, "kemudian siapa YARasul?", ibumu, kemudian siapa ya Rasul?, ibum, lalu siapa ya Rasul?" ayahmu.". Jelas jawaban Rasulullah betapa seorang ibi sangat dihormati bahkan tigatingkat sebelum ayah. Dalam Al Qur'an surah al Luqman ayat 14 15 juga disebutkan betapa perjuangan seorang ibu dalam melnajutkan keturunan atau proses melahirkan ibarat orang berberang yang dipertaruhakan adalah hidup dan mati.
Kemulyaan seorang ibu begitu luar biasa, pantaslah jika kita peringati hari ibu sebagai bentuk penghormatan kita. Akan tetapi ada rasa yang mengganjal dalam hati kita, jika ibu doelu-elukan sebagai wanita terhormat bagaiman kedudukan ibu yang berjuang demi kelangsungan hidupnya berprofesi sebagai penambah devisa negara ( TKW ). Kenapa harus ibu yang berangkat? kemanakah ayah? kemanakah para lelaki yang berkewajiban mencari nafkah? sementara negara orang lain ibu banyak mengalami hinaan, siksaan. Bukan cuma harta atau gaji yang potong tapi, .....bagian bagian tubuh yang potong sampai kematian menjadi honor kelelahannya dalam bekerja, Subhanallah......
Bagi para ibu terimakasih yang bisa kami persembahkan, untuk pahlawan devisa semoga jihadmu diterima disisi ALLAH dan menjadi tiket Syurga Allah Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar