Wahana berbagi Ilmu

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH



Selamat datang di wahana ilmu. Dengan membaca fikiran akan terbuka, dengan ilmu kita jadi tahu, dengan mencari kita jadi mengerti.

Disinilah tempat kita berbagi........

Senin, 31 Januari 2011

Musik,Al Qur'an dalam perkembangan jiwa

Musik adalah alunan nada yang terusun rapi dan indah, dengan mendengar musik banyak manfaat yang dirasakan jiwa manusia, banyak penelitian yang memberikan alasan kenapa manusia harus bermusik berikut ini beberapa manfaat dari bermusik
.MENINGKATKAN IMAJINASI

-Beethoven  : Symphony no. 6 ("Pastorale)
-Grieg  : Peer Gynt Suite Prelude, Act 4, Morning
-Mahler : Symphony no.5
-Schubert   : Octet in F Major, D. 803

PENGUAT IQ

-Beethoven : Concerto for Violin and Orchestra in D Major, op. 61
-Beethoven : Concerto for Piano and Orchestra no.5 in B-flat Major
-Beethoven   : Concerto no. 5 in E-flat Major for Piano and Orchestra, op. 73 ("Emperor")
-Brahmhs   : Concerto for Violin and Orchestra in D Major, op. 77
-Haydn : Concerto no. 1 in C Major for Violin and Orchestra, Corcerto no. 2 in G                    Major for Violin and Orchestra
-Haydn  : Symphony in C Major no. 101 ("L’Horloge"), symphony in G Major no. 54
-Haydn : Symphony no. 67 in F Major, Symphony no. 69 in D Major
-Mozart : Concerto for Violin and Orchestra no. 7 in D Major
-Mozart : Concerto for Violin and Orchestra in A Major no. 5, Symphony in A Major                 no. 29, Symphony in G Major no.40.
-Mozart  : Symphony in D Major ("Haffner"), Symphony in D Major ("Prague")
-Tchaikovsky  : Concerto no. 1 in B-flat Minor for Piano and Orchestra

BELAJAR BAHASA
-Corelli  : Concerti Grossi, op. 4, no. 10, 11, 12
-Corelli  : Concerti Grossi, op. 6, no. 2, 8, 5, 9.
-Handel  : Concerto for Organ and Orchestra in B-flat Major, op. 7 no. 6
-Handel  : "Water Music"
-J.S. Bach   : Fantasy in G Major, Fantasy in C Minor, Trio in D minor , Canonic                                    Variations and Toccata
-J.S. Bach   : Prelude in G Major ("Dogmatic Chorales")
-Vivaldi  : Five Concertos for Flute and Chamber Orchestra

 Dari temuan tersebut diatas bukan berarti kita akan menjdi cerdas dan pintar tanpa adanya belajar. Selain beljar baka tyang dimiliki setiap manusia juga akan menjadikan pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan manusia.
Sebagai muslimah tentunya alunan irama yang kita perdengarkan jangan hanya musik klasik saja, alunan ayat alqur'an juga sangat besar manfaatnya terutama bagi perkembangan otak sang janin. Kita jangan terjebak hanya dengan musik klasik saja dalam memberikan alunan nada bagi janin.
Kehebatan Al qur'an dalam memberikan manfaat dalam perjalanan anak manusia akan bisa kita rasakan pada masa anak-anak hingga remaja. Dimasa inilah akan sangat jelas perbedaan tabiat dan perangai dari anak ahli alqur'an dan yang bukan.
Banyak diantara kita muslimin sangat engelu elukan kehebatan musik klasik dalam merangsang tumbuh kembang otak anak manusia, sementara al qur'an sama sekali tidak mereka sentuh untuk dikenalkannya. Jika langkah ini yang diambil sungguh sangat salah. Untuk itulah mulaiklah sekarang siapapun yang punya keluarga sedang hamil biasakanlah sang ibu banyak baca alqur'an sehingga janin dalam kandungan akan turut membacanya sesuai dengan kemampuan yang diberikan sang azza wajalla.  
Semoga kita termasuk orang yag pandai memberikan ilmu pada anak- anak kita penerus agama dan banggsa sesuai ajaran agama. Amin allahumma amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar